Menulis kembali isi berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat

Berita adalah informasi-informasi penting dalam suatu peristiwa. Berita bisa apa saja, entah itu berita dalam negeri, berita luar negeri, berita tentang bencana alam, berita olahraga dan lain-lain. Berita bersifat aktual atau terkini, sehingga sesuatu yang sudah lewat atau lampau tidak bisa lagi disebut berita, yang ada disebut cerita basi.

Hampir setiap hari kita mengetahui suatu berita baik melalui media cetak maupun elektronik, baik surat kabar, radio, atau televisi. Dewasa ini, berita bahkan bisa diperoleh dari internet, bahkan kita bisa membaca berita lewat aplikasi, sebut saja babe (baca berita).

Babe Baca Berita
Sumber Image : twitter.com

Banyak orang yang mendengarkan berita. Tapi tidak banyak orang yang menyimak berita dengan baik. Padahal ini sangatlah diperlukan. Jika kamu ingin menemukan pokok-pokok berita kamu perlu menyimak berita terlebih dahulu. Dalam menyimak berita diperlukan konsentrasi sehingga kita dapat memahami isi berita dengan baik.

Terus kita nyimak berita dengan baik itu emangnya buat apa? Tentulah agar ilmu kita lebih banyak. Berita juga membuat kamu lebih update, ketinggalan sedikit berita aja maka kamu bisa dianggep kudet lho!

Fungsi lain adalah jika kamu dikasih tugas sama gurumu, ya,,, menulis kembali berita yang dibacakan. Menulis kembali berita yang dibacakan adalah mendengar berita yang dibacakan, lalu menulis isinya dalam sebuah atau beberapa paragraf. Isi berita bersifat umum, singkat, padat dan jelas. Agar mudah dalam menulis berita yang dibacakan, kita hendak mendengar berita yang dibacakan dengan kesungguhan dan mencatat hal-hal penting.

Dalam menulis kembali isi berita, kita cukup menulis hal-hal yang penting saja, antara lain:
  1. pokok atau inti berita 
  2. kronologi berita 
  3. orang-orang atau tempat yang menjadi berita 
  4. informasi dalam berita 
Langkah-langkah menulis kembali isi berita:
  1. Pilih berita yang akan kamu simak 
  2. Belajarlah bersungguh-sungguh, jadi jangan merekam berita tapi dengarkan berita itu dengan sebaik mungkin, penuh konsentrasi pokoknya super teliti 
  3. Harus cepat menemukan pokok berita 
  4. Mencatat pokok-pokok berita, jangan lupakan asas 5W+1H 
  5. Last Step, menyusun dan menyunting tulisan yang kamu tulis dari mendengarkan berita tadi
Dan ingat, kamu harus menuliskan apa yang kamu dengar. Berita itu objektif, jadi jangan kamu campuradukkan berita yang kamu dengar dengan opini kamu. Bukan apa-apa, takutnya salah-salah malah jadi gosip hahaha.

Ya demikian, semoga setelah baca post ini kamu bisa belajar banyak. Belajar menyimak berita dengan baik dan belajar untuk lebih baik lagi. Setelah mempelajari hal di atas, kamu diharap bisa menulis kembali isi berita yang dibacakan dengan baik, sekarang berlatihlah menulis kembali isi berita baik dari radio, TV, pokoknya media audio ya!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dilarang Copy Paste! Jika ingin Copas, harap mencantumkan sumber!

Komentar